Sabtu, 23 Maret 2013

Kenyalnya Kikil Mie Kocok Khas Bandung

Mie kocok adalah salah satu jajanan khas kota Kembang, Bandung. Perbedaan mendasar antara mie baso/ayam dan mie kocok adalah kuah yang dipakai, untuk mie baso/mie ayam biasanya menggunakan kuah kaldu yang encer dan bahan untuk kaldunya bisa digunakan ayam atau sapi, sementara untuk mie kocok kaldu yang digunakan cukup kental dan dibuat menggunakan tulang dan daging sapi, kemudian ditambahkan sayur tauge serta potongan daging kaki sapi yang empuk dan kenyal.
Mie kocok ini telah ada sejak dulu. Puluhan tahun lamanya mie kocok mengabdi kepada masyarakat yang masih saja menginginkannya. Hingga kini, Mie kocok masih memertahankan kualitas rasa dan kenikmatannya sehingga penyukanya makin bertambah saja. Pembelinya bukan hanya berasal dari tatar Bandung saja melainkan banyak juga pelancong yang berasal dari luar Bandung yang senantiasa tertarik untuk menjajalnya. Mie kocok ini semakin terkenal karena makin banyaknya orang yang merekomendasikan untuk mencobanya.
Mie kocok terkenal lantaran rasanya yang khas. Mie kocok khas Bandung terdiri atas mie kuning gepeng, tauge, dan kikil, yang disiram dengan kuah kaldu sapi serta ditaburi seledri dan bawang goreng. Mi kocok ini mudah di cari seperti di pinggiran jalan, Biasanya mi kocok di jual pakai gerobak. Sajian mie kocok ini cukup murah. Cukup dengan budget seharga Rp 10.000 – Rp 20.000 saja kita sudah bisa merasakan seperti apa rasa dan nikmatnya mie kocok khas Bandung ini.
Beberapa tempat menyantap mie kocok yang sudah terkenal di Bandung :
1. Mih Kocok “Mang Dadeng”mie-kocok-bandung4
Jl. KH Ahmad Dahlan (Jl. Banteng) No. 67 Bandung. Mie Kocok Mang Dadeng, demikian namanya. Lokasinya tidak sulit untuk ditemukan, berdekatan dengan Hotel Horison Bandung.
2. Mie Kocok Persib
Mie Kocok Stadion Persib yang bertempat di area parkiran Stadion Persib dulu, Jalan Ahmad Yani.
3. Mie Kocok Pak Enco
Di depan toko Kartika Sari Kebon Kawung.
4. Mie Kocok SKM
SKM merupakan singkatan dari nama pendirinya, yaitu Pak Sukirman yang mendirikan mie kocok SKM pada tahun 1970. Sekarang berlokasi di jalan Sunda No. 38 Bandung, dikelola oleh generasi penerusnya.
Mie kocok dari Bandung biasanya memakai kikil sapi yang diambil dari kulit kaki sapi yang masih segar, sehingga rasanya yang kenyal renyah sangat khas. Kaki sapi direbus hingga kulitnya benar-benar lunak dan memisah dari tulangnya. Kuah kaldunya bening, tanpa lemak, karena berasal dari rebusan kaki sapi. Enaknya disantap panas-panas, apalagi saat hujan atau udara dingin. Mantap :)M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar